Author Archive

Chandrakirti Retreat with Dalai Lama , 2-6 October 2017, Dharamsala

Kunmkhyen Lamrim Retreat at Dakhpo Shedrubling Monastery in North India. 25-30th Sept 2017

Venerable Gen Yonten La is giving oral transmissions of the Kunmkhyen Lamrim (Je Jamyang Shepa Dorje Ngawang Tsondue 1648-1721, principal textbook writer for the Gomang College of Drepung Monastery). This will take place . This teaching also attended by 70 Geshe from Drepung Monastery  

YOGYAKARTA , TAROT WORKSHOP 2 SEPTEMBER 2017

TAROT WORKSHOP Oleh : Noviana Kusumawardhani a.k.a Bude Novi Sabtu, 2 September 2017 Pk. 19.00 s.d Selesai di Kelas Pagi Yogyakarta Creative Space JL. Brig Jend Katamso – Prawirodirjan GM II/1226 Gondomanan – YogyakartaDenah Lokasi : https://goo.gl/RSHGci Visual Report FB Album KPY  : https://goo.gl/2nXvCf ——— IDR 150.000 per person Registrasi 1 – 22 Agt 2017 Email :...

TAROT WORKSHOP IN UBUD 23 JULY 2017

Awaken Your Spiritual Self. Introduction Tarot with Noviana Kusumawardhani a.k.a Budenovi The Tarot is a powerful tool for self-healing, personal empowerment, and spiritual development. This class will not only give you a glimpse of how the Tarot really works, but encourages you to explore your own inner guidance as you progress along the course. Sopa...

Tarot Workshop for the monks from Indonesia Gaden Syedrub Nampar Gyelwei Ling Monastery 28 July 2017 Ubud, Bali

I just gave a workshop for the monks from Indonesia Gaden Syedrub Nampar Gyelwei Ling Monastery in my house in Ubud, Bali Sunday, 28 July 2017. So much fun and happy CLICK FOR VIDEO: TAROT WORKSHOP FOR MONKS        

WORKSHOP TAROT 8 JULI 2017 DI BANDUNG

Tarot, A tool to Connect to your Inner Self The most powerful sources of information come from within; the Tarot aids in coming in contact with one’s Higher Self.” There is more to learning how to read tarot cards than just memorizing endless tarot card meanings – it is also about learning how to develop...

Penyembuh terhebat adalah Welas Asih

Dalam kehidupan modern ini semakin sering kita menjumpai berbagai bentuk penyakit maupun masalah yang semakin hari semakin aneh saja. Banyak orang menghabiskan harta benda yang tak sedikit jumlahnya untuk mencapai kesembuhan.  Meskipun penyakit beragam tetapi sebenarnya ada satu akar dari semua itu adalah KEINGINAN. Mengapa keinginan menjadi penyebabnya? Karena ketika keinginan kita tak terpenuh maka...

Huffington Post Coverage

Noviana is one of the most amazing women I’ve ever met.  In the magical atmosphere of Ubud, Bali, she will tell you the truth about your life, fears and concerns. If you are ready to listen, of course. I was surprised, happy and I still can hear her words after two months. Because of her,...

Ilmu Kesempurnaan Hidup

WIRIT MAKLUMAT JATI “Wedharing Ilmu Kabatosan”   Di dalam kepustakaan Jawa, dikenal kitab kuno, yakni kitab Primbon Atassadhur Adammakna, merupakan salah satu kitab terpenting dalam ajaran Kejawen. Di dalamnya memuat ajaran-ajaran utamanya yakni Wirid Maklumat Jati di mana mencakup delapan wiridan sebagai berikut ; 1.      Wirayat-Jati; ajaran yang mengungkap rahasia dan hakikatnya ilmu kasampurnan. Ilmu “pangracutan” sebagaimana yang ditempuh...

Dongeng dari Kerajaan Langit #03

PING! TUHAN: Kamu memanggilKu ? JIBRIL: Memanggilmu? Tidak.. Ini siapa ya? TUHAN: Ini TUHAN. Aku dengar doamu. Jadi Aku ingin audensi denganmu. JIBRIL: Ya, saya memang sering berdoa, hanya agar saya merasa lebih baik. Tapi sekarang saya sedang sibuk, sangat sibuk. TUHAN: Sedang sibuk apa? Semut juga sibuk. JIBRIL: Nggak tau ya. Yang pasti saya...

Dongeng dari Kerajaan Langit 02

Sudah lama Tuhan tidak nonton televisi. Tetapi entah kenapa hari itu tiba2 Dia mengajak Jibril mampir minum teh di sore hari sambil menyalakan televise. Tiba-tiba dari wajahNya yang semula santai damai seperti anak pantai itu mendadak Dia berubah. Jibril yang super sensi menangkap perubahan itu, dengan berhati-hati bertanyalah dia. Jibril: ada apa Tuh? Kok galau?...

Dongeng dari Kerajaan Langit 01

Hari pertama JIBRIL bekerja untuk Tuhan dia bertemu dengan Mikail, salah satu malaikat utamaNya.  Sebagai  pegawai bawang, tentu saja dia harus menjalani berbagai macam orientasi, salah satunya adalah pengenalan ‘scope of work’ dan tentu saja orientasi tempat.  Mikail lalu membawanya berkeliling kerajaan langit sambil diperkenalkan kepada malaikat-malaikat kepala departemen seperti Raphael, Barachiel,Izrail, Uriel dan berpuluh...

Ilmu Astrologi : Sebuah pengenalan & pemahaman yg benar karena sering dianggap bidah

Astrologi sebuah peta tentang diri manusia   Sering sekali ada pandangan skeptis ketika orang berbicara tentang astrologi. Sebenarnya orang-orang ini juga tidak salah karena sangat jarang orang bisa mengerti secara benar apa itu astrologi , terlebih banyak sekali media yang secara  ngawurmenulis astrologi sebagai ‘ramalan bintang’, padahal lebih tepatnya sebagai “prakiraan energy melalu konstalasi bintang”. Jadi...

Kepada Bapak Prabowo Subianto yang penyayang

  Saya bukan pendukung bapak, tapi saya memahami perasaan bapak hari ini, saya tahu perasan kecewa marah sakit hati merasa terkianati bukan hal yang menyenanngkan dan sangat menyakitkan , believe me I have been through that ( doooh englesh ini pak). Tetapi pak saya tetap percaya bahwa Tuhan itu justru sedang mencintai kita dengan cara...

Perjalanan ke dalam ruang batin yang paling sunyi ( MORE MAGZ, June edition 2014)

Journey to My Heart 01

Perjalanan  bagi saya seperti masuk ke ruang gelap yang hanya  dibutuhkan satu hal saja yaitu keberanian  untuk melangkah. Seperti halnya ketika kita bicara kepada diri kita sendiri tentang “Apa yang aku cari dalam hidup ini?” “Untuk apa saya lahir di dunia ini?” “Bahagiakah saya?” “Sudahkah saya berbagi  terhadap mahluk lain di kehidupan ini? Dan tentunya...

Moriendo (Film Pendek Animasi Pilihan Media) XXI Short Film Festival 2013

Di tahun pertama XXI Short Film Festival, terjaring 730 peserta. Selama penyelenggaraan festival dari tanggal 21-24 Maret 2013 di Epicentrum XXI, lebih dari 4,500 penonton datang untuk menyaksikan finalis film-film pendek dan berinteraksi dengan para pembuatanya. Dari perhelatan tersebut terpilihlah Wan-An (Film Pendek Fiksi Terbaik, Film Pendek Fiksi Pilihan Media, Film Pendek Favorit), Jadi Jagoan Ala Ahok (Film Pendek...

My Home

Pulang ( Femina edisi 30, 27 Juli-3 Agustus 2013)

Jakarta  buatku adalah kematian. Meskipun gelegar gemerlapnya mampu menyihir siapapun yang datang ke kota ini untuk berdentam bersama silaunya, tapi buatku kota ini adalah geliat roh yang menyayat keluar,begitu pelan tapi pasti merajah pada nadi-nadiku yang detaknya makin menipis setiap kali aku memikirkan kepulanganku ke kota ini. Ruang-ruang kota yang penuh dengan kenangan yang bertebaran...
KOTA TANPA KATA DAN AIRMATA

KOTA TANPA KATA DAN AIRMATA

Diterbitkan KOMPAS, 24 Maret 2013 Awan bergerak dengan pola yang tak beraturan. Kota ini seperti tidak asing. Warna-warna perak yang terpantul di ujung-ujung genting seperti menyisakan ingatan dari sebuah masa. Warna perak dengan ukiran pujian para malaikat untuk yang Maha Indah secara acak berganti-ganti dengan kepul asal kendaraan deru pikuk berteriak tentang banyak hati yang...
Green Tara Mantra

Green Tara Mantra

   (http://www.yowangdu.com/tibetan-buddhism/green-tara-mantra.html) In Tibetan Buddhism, om tare tuttare ture soha is an ancient mantra that is related to Tara, the “Mother of all Buddhas,” and especially to her manifestation as Green Tara. Tara, who Tibetans also call Dolma, is commonly thought to be a Bodhisatva or Buddha of compassion and action, a protector who comes to our aid...

Ruang-ruang yang meruang

ruang tunggu:  aku tunggu ruhmu disini kata detak pada sebuah bayang mungkin ini saatnya kita ada di ruang yang sama ruhmu dan ruhku akan duduk berdampingan untuk melihat burung kolibri pulang pada sebuah senja yang berputik jingga dan mata kita akan kembali bercinta untuk mengalirkan kembali detak di tempat dimana darah kembali berpora    ...

Percakapan Hujan

Pada sebuah percakapan hujan , kita meranggas pada sebuah ruang dengan sebuah mimpi berwarna coklat. Sebuah waktu menjadi sebuah niscaya yang ditasbihkan pada guratan luka. “Aku ingin bersamamu” kata airmata pada pagi yang tak pasti dan hujanpun seperti memahami bahwa noktah bernama detak ,tidak lagi bisa belari dari warna merah bernama darah. Kita pun kembali...

Sekilas tentang 2012 ( dimuat di majalah Femina awal Januari 2012)

Tentang  2012 Bumi  akan ditarik menjauh dari matahari dengan fokus yang lebih tinggi dari gravitasi , ini secara otomatis membuat gravitasi di sekitar bumi sendiri berubah, terutama di sistem magnetnya. Matahari akan menutupi bumi dari hubungan garis lurus dengan Galaksi kita. Posisi matahari yang sedemikian, akan memutus “tali pusar” bumi dengan pusat Galaksi, fenomena yang hanya akan terjadi 26.000 tahun sekali dan akan...

DOA UNTUK ALAM SEMESTA

Dari Timur sampai Barat, dan apapun yang berada di antara keduanya. Dari Selatan sampai Utara, dan apapun yang berada di antara keduanya. Dari bumi sampai langit, dan semua makhluk yang menjadi penghuninya. Dari darat sampai lautan, dan semua makhluk yang mendiaminya. Kasihilah mereka Tuhan, sayangilah mereka, sebagaimana Engkau mengasihi dan menyayangi mereka saat menciptakannya.  ...
TAROT, Sebuah kebetulan yang berarti

TAROT, Sebuah kebetulan yang berarti

“Mbak,  saya diramal dong tentang jodoh saya” , seperti lagu kebangsaan Indonesia Raya, itu adalah pertanyaan kebangsaan rata-rata klien-klien tarot saya, padahal sumpah demi Alam Raya, saya itu sebenarnya benar-benar terganggu dengan sebutan peramal Tarot. Karena saya sangat amat percaya Tarot itu bukanlah meramal. Saya lebih suka menyebutnya sebagai “ membaca energi orang yang bervibrasi ke...
On the meaning of: OM MANI PADME HUM by His Holiness Tenzin Gyatso The Fourteenth Dalai Lama of Tibet

On the meaning of: OM MANI PADME HUM by His Holiness Tenzin Gyatso The Fourteenth Dalai Lama of Tibet

This image of the Mani mantra created by Tashi Mannox (  http://www.tashimannox.com) It is very good to recite the mantra OM MANI PADME HUM, but while you are doing it, you should be thinking on its meaning, for the meaning of the six syllables is great and vast. The first, OM, is composed of three pure...

Kidung Rumekso Ing Wengi BUKAN kidung pemanggil kuntilanak

Sekarang ini saya sedang giat2nya belajar menembang sehingga di hppun saya taruh lirik2 kidung2 jawa dan bali. Tanpa sengaja saya menyanyikan Kidung Lingsir Wengi, tiba-tiba Winda guru baru yang cantik itu teriak2 “Bude, jangan nyanyi lagu itu dong, itu kan lagu pemanggil kuntilanak”. Saya kaget  sekali karena sejak kecil nenek2 saya selalu menyanyikan lagu itu...
Be alive in Love !

Be alive in Love !

      ”  I  choose  Love as my path instead of fear.  I do trust Life completely, Live simply, and  Love deeply. Just be alive in Love”   Noviana Kusumawardhani, Ubud, Bali. twitter : @budenovi budenovi@yahoo.com
MOREINDO (Sebuah pagi dan seorang lelaki mati)

MOREINDO (Sebuah pagi dan seorang lelaki mati)

Lelaki itu selalu datang setiap pagi. Duduk di bangku taman kota dengan seikat bunga di tangannya. Entah , selalu seperti sebuah dialog antara lelaki itu dan hari bernama pagi. Dia duduk dengan diam dengan tiktok tiktok bunyi detak dari jantungnya sendiri.  Diam yang menyimpan berjuta pertanyaan untuk disimpan begitu saja dalam sisa-sisa embun hasil percintaan...
Lelaki Yang Membelah Bulan

Lelaki Yang Membelah Bulan

photo by Banyu Bening : www.banyuphotoshoot.blogspot.com “ Ini warna dari negeri bulan “ katanya. Bulan yang diam.Akupun mengangguk , mengiyakan sapanya. Sebuah negeri yang aneh pikirku. Laki-laki itu seperti membaca pikiranku. tangannya kemudian menyentuh ujung jariku, diciumnya dengan lembut  satu persatu jariku seperti mengeja huruf-huruf yang berdetak dalam dadaku. “ Negeri bulan itu indah sekali Sayang....
The man that split the moon (Lelaki Yang Membelah Bulan)

The man that split the moon (Lelaki Yang Membelah Bulan)

  photo by Banyu Bening : www.banyuphotoshoot.blogspot.com I found him. In the bushes with a million unspoken words in his eyes. I don’t know if he recognized me as a woman or not. Space and time had given us a long gap of silence. Half his body glowed, a strange golden colour. A colour that dazzled...
HOLE ( Rongga)

HOLE ( Rongga)

photo by Banyu Bening : www.banyuphotoshoot.blogspot.com It was a strange village. The moment red appeared on the horizon, the village became silent. So quiet and sleepy. Even though the lights came on, hardly anyone breathed. A hushed rustling of wind whispering in the bamboo forest, eerie. The stones of the street seemed to know that silence...
Eling, the deepest aspect of the inner life of the Javanese

Eling, the deepest aspect of the inner life of the Javanese

Photo : Noviana Kusumawardhani   Mysticism may be said to permeate Javanese life and consequently its vocabulary. Certain Javanese words are hard to understand for me to translate in all their shades of meaning. One is “culture”. Another is “jiwa,” which may mean life, but also enthusiasm, spirit, inner self, thought, feeling, mentality, essence, and...
Ode Lelaki Kecil ( catatan ulang tahun untuk Banyu Bening)

Ode Lelaki Kecil ( catatan ulang tahun untuk Banyu Bening)

photo by Banyu Bening : www.banyuphotoshoot.blogspot.com Aku tahu anakku, satu hari nanti kamu akan berjalan menuju negeri dimana mimpi masih menari di malam-malammu. Mungkin di dalamnya ada gambar warna warni bintang atau lukisan-lukisan tentang harapan masa mudamu yang penuh dengan tawa dan binar mata penuh cahaya sorga. Kakimu anakku, akan melangkah menapakki waktu-waktu yang sesekali akan...
Pemanggil Bidadari

Pemanggil Bidadari

Photo: Noviana Kusumawardhani Kenangan itu seperti kotak-kotak kardus yang berserak. Seperti saat ini ketika kumasuki desa tempat Simbah Ibu tinggal. Batu-batu jalan setapak seperti memuntahkan kembali rindu yang tiba-tiba mencuat seperti kancing yang lepas begitu saja dari baju seragam anak sekolah. Ketika kumasuki desa itu, malam mulai merapat pada warna jingga di cakrawala. Malam yang...

Cosmic Support , The Universe’s Plan for You

The path that speeds us toward our dreams can be a challenging and complex one, so it’s easy to get bogged down in confusion and insecurities. We often hesitate at the start of that path, questioning our purpose or our capabilities. Yet we should be moving forward joyously, eager to discover what destiny has in...

Ubud Writers & Readers Festival 2011 Book Launch: LELAKI YANG MEMBELAH BULAN , BOLLERO Cafe, Jalan Dewi Sita (Dewi Sita Street), Thursday 6 October 17:00 – 19:00

Review: Dunia yang dibangun Novi adalah serangkaian fatamorgana: yang tak berwujud, tapi hadir, tak tersangka-sangka, dan dengan demikian ajaib. Tapi bila ‘fatamorgana’ tak pernah dibangun sebagai sebuah panggung, tak kan lahir latar yang jadi tempat terjadinya cerita-cerita ini, diciptakan dengan efek yang fantastis. Sejak Danarto menulis “Godlob” dan cerita-cerita lainnya di tahun di akhir 1960-an,...

Dapatkan di TB Gramedia : Kumcer Noviana Kusumawardhani “Lelaki Yang Membelah Bulan”

Goenawan Mohamad: Dunia yang dibangun Novi adalah serangkaian fatamorgana: yang tak berwujud, tapi hadir, tak tersangka-sangka, dan dengan demikian ajaib. Tapi bila ‘fatamorgana’ tak pernah dibangun sebagai sebuah panggung, tak kan lahir latar yang jadi tempat terjadinya cerita-cerita ini, diciptakan dengan efek yang fantastis. Sejak Danarto menulis “Godlob” dan cerita-cerita lainnya di tahun di akhir...

Pemburu Air Mata – KOMPAS 27 Febuari 2011

Buat penggemar matahari, malam selalu menakutkan. Karena hanya pada malam, semua khayalan tentang iblis dan hantu memiliki tempatnya. Malam entah kenapa selalu memecahkan rongga-rongga dada dan membuat denyut jantung lebih cepat. Terkadang gemerisik angin terlembut pun entah kenapa tetap membuat helaan napas menjadi lebih berat. Malam adalah waktu di mana hanya boleh dimiliki oleh orang-orang...

How to Escape Your Comfort Zones

By Lee Johnson with Albert Koopman What Are Comfort Zones? And Why Should We Escape? We all have our comfort zones – havens of security, familiarity and comfort. But why, you may be asking, should we escape? Surely a comfort zone is our reward for hard work, the place we’ve struggled for so long to...

Tuhan, Mbah Marijan & Jawa

Pagi ini seorang kawan lama sesama  pendaki mengabarkan bahwa Mbah Marijan si Penjaga Merapi itu wafat. Berbagai  reaksi bermunculan. Salah satunya ada pihak yang mengatakan bahwa Mbah Marijan sangat menyepelekan ilmu pengetahuan yang jelas2 sudah member tahu ttg bahaya Merapi.  Ingatan ttg beliau tiba2 berhamburan. Saya ingat dulu beliau selalu menemani malam minggu ketika bersama...

A Glimpse Of Perfection : Living A Day In Grace

A Glimpse Of Perfection Living A Day In Grace Grace is always with us. It flows like a river through our lives, artfully reminding us that there is magic and power beyond what our eyes can see. At times we catch its subtle beauty, like during chance meetings, near misses, and insights that seem to...
RONGGA, Kompas Minggu 30 Agustus 2010

RONGGA, Kompas Minggu 30 Agustus 2010

                  Desa yang aneh. Saat warna merah di ujung langit, desa itu senyap. Begitu hening dan pulas. Meski lampu-lampu mulai dinyalakan, nyaris tak ada desah keluar. Suara bisu desir angin yang berbisik di celah hutan bambu, mencekam. Batu-batu jalanan desa seperti tahu bahwa tidak seharusnya suara menjadi...

panggil saja aku Senja…

Panggil saja aku Senja. Aku lahir di sebuah hujan gelap. Suatu kelahiran yang aneh, karena cakrawala tidak berwarna jingga seperti yang seharusnya ketika sebuah senja menjadi pengantar nyanyian malaikat menjelang malam. Bahkan mungkin nama Senja itu asal saja keluar dari mulut ibuku saat dia mengerang kesakitan dan kesal dengan bapakku yang menghiburnya agar tetap sabar...

Art of Following Intuition

Art of Following Intuition By Shakti Gawain Listening to, trusting, and acting on your intuitive inner guidance is an art. Like any other art or discipline, it requires a certain commitment. It is an ongoing process in which we are always being challenged to move to a deeper level of self-trust. For most of us,...

Accepting Yourself

There is no such thing as a good person or a bad person. There are choices and actions that lead us in different directions, and it is through those choices and actions that we create our realities. Sometimes we choose or do something that takes us in the opposite direction of the reality we want...

Lelaki yang Membelah Bulan — Kompas Minggu, 21 Februari 2010

Aku menemukannya. Dalam semak-semak dengan sejuta bisu dalam matanya. Aku tidak tahu apakah dia mengenalku sebagai perempuannya atau tidak. Ruang-ruang waktu telah memberi kami jeda dalam diam yang berkepanjangan. Separuh tubuhnya bersinar dengan warna keemasan yang aneh. Warna yang menyilaukan mata, tapi separuh dari ruhku tetap ingin membuka bagi warna itu. Ini warna dari negeri...

Swissarmy of love part 2

Cont… Platonik2 itu ibarat orang ceting yang ogah kopdar karena akan merusak ‘emotional imaginery’ lawan cetingnya. Bayangkan kalau seorang cewe di ICQ udah termehek2 dengan lawan cowonya dan udah ngebayangin nge’date’ ama Keanu Reeves dan tapi begitu ketemu ternyata cowo itu aslinya kayak Gogon? Nah kali2 aja ye….si Gibran itu kayak Gogon jadi takut ketolak...

The Message of Pain

When we feel pain, our first impulse is often to eradicate it with medication. This is an understandable response, but sometimes in our hurry to get rid of pain, we forget that it is the body’s way of letting us know that it needs our attention. A headache can inform us that we’re hungry or...